Pumpkin Roll Chocolate with Topping Vanilla Ice Cream

Pumpkin Roll Chocolate with Topping Ice Cream

Pumpkin Roll Chocolate with Topping Ice Cream

Waluh atau labu kuning sudah sejak zaman dahulu kala menjadi penganan diberbagai daerah di Indonesia. Setelah saya hijrah ke US (East Lansing, Michigan),  ternyata labu kuning ini  menjadi salah satu bahan  makanan yang digunakan dalam menu utama juga menu penutup (dessert). Terutama pada perayaan Thanksgiving, dimana keluarga besar berkumpul untuk makan malam bersama, menu tradisional yang hampir selalu tersedia yaitu  pumpkin pie, dapat dikatakan pie ukuran besar yang isinya terdiri dari :  pumpkin, susu, telur, dan rempah ( kayu manis dan jahe bubuk), sebagai rempah yang khas untuk aroma  pumpkin pie  ini. Selain itu masih banyak lagi makanan yang dibuat dengan mencampurkan pumpkin seperti :  pumpkin cup cake, cookies, dan sup.

Pure pumpkin (pumpkin kukus, rebus atau dioven, lalu dihaluskan) mempunyai aroma yang khas, sedikit langu. Untuk itu masyarakat disini menambahkan rempah khusus untuk menghilangkan aroma langu, yaitu dengan kayu manis bubuk, jahe bubuk, ketumbar  bubuk, dan pala bubuk.

Saya sendiri sangat suka mencoba berbagai jenis makanan yang belum pernah saya makan sebelumnya, dan bagi saya dimana negara  kita terkenal dengan aneka rempah, bumbu-bumbu yang mereka gunakan sudah tidak asing lagi meski ada sedikit rasa yang kurang pas, seperti sup pumpkin yang diberi ketumbar bubuk, tapi karena dicampur dengan bahan-bahan yang  lain, aroma ketumbar tidak terlalu terasa dan tetap dapat menggoyang lidah saat menikmatinya hangat-hangat.

Anak-anak juga sering saya suguhkan aneka makanan khas disini, namun tetap makanan khas tanah air merupakan pilihan utama, baik menu utama ataupun menu penutup.  Suatu ketika saya tanyakan kepada mereka mau apa camilan untuk sore, berhubung persediaan pumpkin masih banyak saya tawarkan beberapa menu dengan bahan utama pumpkin, dan mereka memilih untuk dibuatkan dadar gulung berlapis isi coklat yang  saat dinikmati dipadu dengan ice cream atau whipped cream.

Saya senang dengan pilihan mereka karena mudah, praktis dan bisa disimpan cukup lama dalam kulkas. Yuuk kita membuatnya bersama.

Pumpkin Roll Chocolate with Ice cream vanilla

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 cup terigu serbaguna (1 cup +/- 125 gr)
  • 1 ½ cup coconut  milk (santan kental 1 cup dan santan encer ½ cup)
  • 1 cup pure pumpkin (pumpkin kukus yg dihaluskan)
  • 2 buah telur ukuran besar
  • 1 sdm vanilla cair
  • ¼ sdt garam
  • ¼ cup minyak sayur
  • Selai coklat untuk olesan, (saya memakai nutella)
  • Ice cream vanilla untuk toping
  • Pure pumpkin u toping
  • Daun mint untuk aroma dan dekorasi

Cara membuat :

  1. Siapkan baskon ukuran sedang, masukkan terigu lalu tambahkan garam, santan dan vanilla cair, aduk hingga rata.
  2. Masukkan telur satu persatu, aduk rata.
  3. Masukkan pure pumpkin, aduk rata. Lalu tambahkan minyak sayur, aduk rata. Sisihkan adonan.
  4. Panaskan panci dadar ( diameter 18cm ),  dan oles dengan mentega/margarine.
  5. Masukkan ½ cup adonan dan ratakan seperti membuat telur  dadar, masak hingga matang dengan api kecil, buat 5 buah.
  6. Untuk yg terakhir, ambil ½ cup adonan, campur dengan coklat bubuk, aduk rata. Oles panci dengan mentega lalu buat bulatan-bulatan kecil dari bahan coklat, biarkan hingga setengah matang, masukkan adonan putih. Masak hingga matang. Biarkan dadar pumpkin sampai cukup dingin sebelum diberi selai coklat.

Penyelesaian:

  1. Oleskan selai coklat atau nutella pada setiap lembar dadar pumpkin, letakkan dadar pumpkin yang ada bintik coklatnya pada bagian bawah.
  2. Gulung dadar pumpkin hingga  membentuk bulat panjang, ratakan bagian ujungnya.
  3. Potong-potong sesuai selera, tambahkan ice cream vanilla, pure pumpkin sebagai toping dan daun mint untuk mempercantik tampilan dan menambah aroma.

Selamat mencoba

Keterangan dalam gambar:

Leave a Reply