Urap Sayuran, dengan Bumbu Kelapa Tumis, awet tidak cepat basi

urap sayuran...

Membuat masakan aneka sayuran itu bisa dikatakan mudah mudah susah, dikatakan mudah koq ya kadang nggak sesuai keinginan, dikatakan susah koq ya gitu aja nggak bisa. Salah satunya urap, jenis masakan satu ini banyak penggemarnya, membuatnya pun sederhana sayuran direbus dan dicampur dengan bumbu yg terdiri dari kelapa dan bumbu dasar, namun banyak juga yg mengatakan gagal atau tdk enak, kelapa cepat basi juga sayuran tidak terlihat indah, merebusnya terlalu lama. Nah teman aku coba berbagi yak arena aku sendiri dulu mengalmai beberapa kali gagal bahkan sempat di complain pembeli.

Untuk sayuran, umumnya semua bisa dijadikan urap, kombinasi warna juga menentukan, baiknya ada putih dari toge atau kol, ada merah dari wortel, ada hijau dari sayuran daun dan kacang panjangs ebagai sayuran yg wajib katanya dalam urap, ditambah daun kemangi sebagai pewangi dan aroma segar.

Untuk bumbu kelapanya supaya tidak cepat basi, ada yg dikukus dan ada yg disangrai sebenatar atau di masak dengan cara ditumis bersama bumbu halus atau dasar.

Untuk satu kepala parut, pakai yg muda sedang, biasanya aku sangaray sampai sedikit kering lalu tiriskan.

Bumbu halus : 3 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 buah gula jawa, garam secukupnya, 10 butir cabe merah , 3 sdm air asam, sedikit terasi jika suka, 5helai daun jeruk purut (jika ada).

Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe, tumis hingga harum, masukkan air asam, kecilkan api, masukkan gula jawa yg sdh diiris , terasi, garam, aduk aduk hingga gula mencair dan rata.

Masukkan kelapa dan adaun jeruk, aduk aduk hingga rata dengan bumbu dan masak sebentar hingga agak kering. Sebaiknya terus diaduk.

Untuk yg ingin bumbu mentah, kelapa bisa dikukus , semua bumbu digiling saja, campur dengan kelapa. Aduk aduk hingga rata…

Selamat mencoba….

Leave a Reply