Lontong Cap Go Meh

 

Rangkaian acara perayaan Cap Go Meh di Bogor banyak sekali, diantaranya festival food, kesempatan yang sangat menyenangkan aku diminta untuk demo masak lotong cap go meh. Yang diadakan pada hari Jumat, 22 Pebruari 2013 di Bogor Trade Mall. Pada kesempatan demo kali ini tema yang akan aku bawakan “Lontong Cap Go Meh, Praktis dan ekonomis” dan Smoothes jambu biji merah dengan syrup angkak. Tema yang biasanya ada unsur praktis, ekonomis dan juga sehat banyak sekali diminati oleh kalangan ibu-ibu.

Saat acara tiba, pengunjung Mall yang menyaksikan demo terbilang sangat ramai, sangat antusia dan baru kali ini selama demo-demo masaka yang aku diundang di Mall , pengunjung benar-benar ikut masak bersama dan dinikmati juga bersama, pada penghujung demo masak lontong selesai dan memang aku diminta u sediakan 50 porsi u pengunjung, ibu ibu membantu memotong lontong, mengupas telur pindang dna memotongnya menajid 4 bagian, dan menatanya menjadi 50 mangkok.

Selain itu pengunjung juga sangat antusias untuk bisa memasak lontong dengan menu pendamping, opor ayam, sayur labu siem, telur pindang, sambal masak, dan taburan serundeng halus. Selesai lotng cap go meh, dilanjutkan dengan memebuat smoothes jambu biji merah dan syrup angkak. Kenapa aku mengambil tema ini? Ketersediaan jambu biji merah di Kota Bogor selalu ada seperti tidak ada musim, dan seperti banyak diyakini oleh masyarakat bahwa zat yang terkandung dalam jambu biji merah baik untuk mempercepat penyembuhan Demam Berdarah. Lalu kanap aku menggunakan syrup biji angkak, karena angkak juga diyakini sebagai salah satu herbal yang banyak manfaatnya selain untuk panas dalam juga dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan Demam Berdarah, dan warna merah yang dihasilna angkak sangat cantik, menjadi pewarna alami.

Selesai membuat smoothes/sorbet jambu biji merah ini dan siap dibagikan , wowwwww yang antri ingin mencicipi panjang sekali sebagian besar anak-anak, ada juga ibu2 dan bapak bapak. Alhamdulillah 100 cup kecil dapat dibagikan ke pengunjung, dan tentu saja aku senang sekali dengan suasana ini meskipun meja demo aku hampir rubuh….

Kita coba yuukk menengok cara memasak lontong cap go meh dan membuat smoothes jambu biji merah.

Untuk lontong, aku membeli yang sudah siap pakai, ini bisa dibeli di Yogya Junction Bogor. Lontong mini ini katanya dulu Cuma ada di Malaysia, dan tenryata sekarang ada di Indonesia. Memang praktis, dalam 1 bungkus terdiri dari 36 kemasan lontong mini. Cara membuatnya mudahs ekali, masukkan kemasan lontong ke dalam pancai berisi air, masak +/- 40 menit dan tiriskan. Tidak perlu di lubangi lagi plastiknya karena sdh dibuat lubang kecil-kecil di kemasan.

Lalu kita membuat opor ayam, aku sengaja memakai potongan sayap ayam, selain cepat masak juga porsi yg cukup untuk dibagikan dalam acara demo. Banyak yang bertanya, aku pakai ayam boiler tapi koq seperti pakai ayam kampung, tidak hancur dagingnya. Aku berikan tips, sebaiknya goreng setengah matang daging ayam yg sebelumnya dilumuri bawang putih halus + garam. Tirsikan.

Tumis bumbu opor, tambahan air, didihkan. Masukkan potongan ayam masak dengan api sednag saja, setelah daging ayam cukup matang, tambahkan santan, garam, bubuk kaldu, dan lada halus. Mereka bertanya kembali kenapa santan dan bumbu diberikan diakhir masakan? Ini gunanya supaya santan instan yg siap pakai tidak pecah dan untuk santan instan mereka sdh melalui proses pematangan sehingga tidak perlu memasaknya dalam jangka waktu lama , dan bumbu seperti garam, lada bubuk dan bubuk kaldu akan lebih terasa karena tidak terserap dalam daging atau bahan yg dimasak, terutama masakan kentang, yang sifatnya menyerap . seringkali kita mendapati masakan dimana kentangnya terasa asin sekali.

Setelah opor ayam masak, aku ambil potongan sayap dan ditata dimangkuk, beri sedikit kuah dan taburan bawang goreng. Lalu kuah yang masih bersisda cukup banyak itu, aku masak kembali dengan api kecil dan diberi 2 sendok makan sambal masak, setelah mendidih, masukan labu siem yg sudah diparut cukup halus, didihkan kembali, dan maska sebentar . angkat.

Lalu pertanyaan muncul kembali, labu siemnya sdh lama disuhu ruang/dimeja demo koq tidka merubah warna, tetap hijau bagus. Aku katakana, jika ingin memakai labu siem dengan jangka waktu yg masih lama sebelum dimasak. Labu siem setelah diparut langsung masuukan di freezer saja. Suhu dingin dapat menahan warna labu siem untuk tidak menghitam.

Lalu pertanyaan pengunjung terakhir, buat serundneg halus itu loh yang malas. Ow aku katakana itu sdh tidka perlu lagi. Ada bubuk kelapa kering siap pakai, ambil 1 kotak bubuk kelapa kering, gonsneg sebentar di api kecil hingga kecoklatan dan siap digunakan.

Nah siap sdh lontong cap go meh , praktis dan ekonomis kan. Penggunaan satu bumbu menjadi 2 menu.

Tata lontong didalam mangkuk, siram dengan kuah dan sayur labu siem, beri pootngan ayam opor dan telur pindang, taburi kelapa kering halus dan sambal. Selamay menikmati.

 

Leave a Reply